PAGUYUBAN PUTRA PUTRI KENDENG Adalah sebuah nama persatuan (perkumpulan putra & putri kendeng pada khususnya dan desa karang putat pada umumnya) namun tidak lah mengikat hanya putra dan putri kendeng saja yang boleh menjadi anggota tapi siapapun bisa menjadi anggota dengan menyetujui aturan-aturan yang ditentukan oleh paguyuban. jadi nama diatas tidaklah mengikat hanya untuk putra dan putri kendeng saja. kenapa namanya paguyuban putra putri kendeng??? karena pada saat pembentukan mufakat/keputusan yang di ambil dari berbagai usulan yang masuk dalam musyawarah tersebut adalah nama tersebut,
apa tujuan adanya paguyuban... di bentuknya paguyuban tersebut pada awalnya bertujuan untuk menjebatani komunikasi antar warga dalam hal ini warga yang berada di kampung (desa Karangputat) dan warga desa Karangputat yang berada di perantauan (khususnya Jakarta & sekitarnya) karena mayoritas warga masyarakat desa karangputat merantau ke ibu kota Jakarta.
mungkin masih banyak putra putri kendeng yang belum tau adanya paguyuban ini,,, atau mungkin hanya pernah mendengar namanya saja,,, itu wajar karena paguyuban tersebut pada saat saya menulis ini, paguyuban tersebut dalam kondisi pasif, saya sendiri juga tidak begitu paham sebabnya kenapa? padahal kalau menurut saya sangat disayangkan,,,, karena apa.....? saya merasakan pada saat paguyuban ini baru dibentuk sampai lebih kurang 2 tahun, dalam kurun waktu tersebut keharmonisan, talisilaturahmi, informasi antar warga desa Karangputat sangatlah bagus.
itu sangat beda dengan apa yang saya rasakan sebelum adanya paguyuban ini dan saat ini saya merasakan kembali keharmonisan & tali silaturahmi itu mulai pudar.
dengan pasifnya paguyuban, tali silaturahmi juga jadi kurang terjalin,, saya sendiri sekarang ini juga sudah mulai tidak mengenal adik-adik saya yang merantau ke jakarta padahal itu tetangga dekat. apalagi kakak-kakak saya................ yang merasa sudah pada sukses tentunya...
malalui tulisan ini saya berharap para pengurus PAGUYUBAN PUTRA PUTRI KENDENG desa Karangputat, kecamatan Nusawungu, kabupaten Cilacap,, bisa mempertimbangkan perlukah paguyuban tersebut di aktifkan kembali??
bagi warga mayarakat desa Karangputat yang kebetulan lewat di blog ini silahkan komant di post ini atau email ke sabdajatifc@yahoo.co.id
ikuti juga forum komunikasi anak-anak kendeng di facebook grup cah kendeng
(by rito)

0 Comments:

Post a Comment